Club COOEE

Club Cooee

Tuesday, June 15, 2010

Resensi Film Tekken

Sejak kecil Jin Kazama (Jon Foo) memang sudah memiliki bakat bela diri yang kuat. Berbekal ilmu bela diri dari kakeknya, Jin berusaha masuk dalam kompetisi maut, Tekken. Meski kompetisi ini menjanjikan harta dan popularitas yang tak terbayangkan namun Jin tak tergoda oleh iming-iming itu. Hanya satu yang ada di benak Jin. Balas dendam.

Ibu Jin tewas di tangan Heihachi Mishima (Cary-Hiroyuki Tagawa) yang kini menjadi salah satu orang penting dalam Mishima Zaibatsu, perusahaan raksasa yang kini telah mengambil alih pemerintahan di dunia pasca pecahnya Perang Dunia. Perusahaan ini pula yang menjadi sponsor utama dari penyelenggaraan Tekken.

Jin tahu kalau untuk mencapai Heihachi, ia harus mengikuti turnamen maut ini dan untuk bisa lolos dari turnamen ini bukanlah sesuatu yang mudah. Para petarung andal dari berbagai penjuru dunia berdatangan untuk mengikuti Tekken dengan satu tujuan, menjadi yang terbaik karena selain yang terbaik semuanya akan mati.

Sejak era 1980-an, video game memang jadi salah satu favorit orang film saat mencari sumber cerita. Banyak sudah video game yang dibuatkan versi filmnya meski tidak semuanya bisa dibilang usaha yang sukses. Sedikit saja kesalahan dalam proses adaptasi maka film ini akan jadi bahan caci-maki para penonton, terutama penggemar versi game-nya.

Mengadaptasi game ke dalam film memang bukan urusan gampang. Game biasanya punya cerita yang sangat tipis karena cerita itu hanya ada untuk merangkai sekian level yang harus dilewati sang gamer. Pada saat ditransfer ke format film maka otomatis film akan jadi bertumpu sepenuhnya pada tiap-tiap adegan dan ini juga bukan urusan mudah karena game memberikan unsur 'keterlibatan' yang tak bisa diberikan oleh film.

TEKKEN yang juga diadaptasi dari video game buatan Namco ini juga mengalami nasib yang tak jauh beda dengan film adaptasi game yang lain. Cerita sangat-sangat sederhana dan nyaris tidak ada sementara para tokoh yang ada pun jadi terkesan dua dimensi karena tidak ada latar belakang yang cukup kuat untuk membuatnya jadi sosok yang benar-benar 'nyata'. Para fans game mungkin akan senang karena sebagian besar tokoh yang dimunculkan nyaris sama persis dengan versi game-nya meski di saat yang sama mereka bisa jadi juga sedikit kecewa karena alur kisah yang disuguhkan tak sepenuhnya sama dengan versi game-nya.

Sumber : Fatchur Rochim-Kapanlagi
















































Genre:Action
Release Date:March 6, 2010
Director:Dwight H. Little
Script:Michael Colleary, Alan B. McElroy, Mike Werb
Producer:David Michael Kelly, Steven Paul, Benedict Carver, Iddo Lampton Enochs
Distributor:Warner Bros.
Duration:-
Budget:US$35 million
Official Site:www.tekken-movie.jp

No comments:

Post a Comment

Budayakan comment ya gan......hehehe